10 Langkah Mudah untuk Jalani Gaya Hidup Sehat

Kesehatan merupakan aset pribadi yang sangat berharga dan tidak ternilai, bahkan tidak ada sesuatupun yang dapat menggantikannya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum begitu paham bagaimana caranya menjalani gaya hidup sehat. Padahal, dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita bisa lebih awet muda dan panjang umur. Berikut ini merupakan 10 langkah mudah untuk menjalani gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari:

10 Langkah Menjalani Gaya Hidup Sehat

1. Perhatikan asupan makanan

Dalam menjalani gaya hidup sehat, penting bagi kamu untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan dalam setiap piring makanan yang kamu konsumsi terdapat berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik dengan porsi yang seimbang. Selain itu, kamu juga bisa menghindari makanan olahan karena sebagian besar nilai gizi telah hilang dan bahan pengawet yang ditambahkan tidak baik untuk kesehatan kita. 

2. Makan perlahan-lahan

Otak merupakan organ yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang. Jika kamu makan perlahan-lahan, maka kamu memberikan waktu untuk otak kamu mengirim sinyal “penuh” kepada perut agar pencernaan dimulai. Selain itu, dengan makan perlahan-lahan kamu bisa membantu perut agar lebih mudah mencerna makanan yang masuk dan memungkinkan kamu untuk benar-benar menikmati makanan yang kamu konsumsi. 

3. Penuhi kebutuhan cairan harian

Asupan air putih yang cukup sangat penting untuk mendukung organ-organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Karena air dikeluarkan setiap hari melalui buang air kecil, buang air besar, keringat, bahkan bernapas, maka kamu perlu mengisi kembali jumlah air yang ada di dalam tubuh dan memastikan asupan cairan harian kamu terpenuhi dengan baik. Jumlah air yang dibutuhkan bergantung pada berbagai faktor, namun disarankan untuk setidaknya minum air putih sebanyak 6-8 gelas setiap harinya agar tubuh tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari dehidrasi. 

4. Olahraga secara teratur

Salah satu langkah menjalani gaya hidup sehat adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih fit dan mengurangi risiko terkena penyakit. Tak perlu melakukan olahraga yang berat atau pergi ke gym, kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang kamu suka seperti jogging, bersepeda, berenang, yoga, atau bahkan naik-turun tangga di dalam rumah atau kantor. Kuncinya adalah untuk membuat tubuh kamu aktif bergerak setiap hari dan menjadikan tubuhmu lebih bugar. 

5. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan mendasar dalam menjalani gaya hidup sehat. Bahkan tidur merupakan sebuah fondasi dimana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Kurang tidur dapat mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit, kurang konsentrasi, dan mood tidak stabil. Maka dari itu, usahakan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kondisi fisik dan psikis tetap prima. 

6. Tinggalkan kebiasaan buruk

Salah satu langkah untuk menjalani gaya hidup sehat adalah dengan meninggalkan kebiasaan buruk. Orang-orang mungkin beranggapan kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan hanyalah merokok dan minum alkohol. Namun disamping itu, kebiasaan buruk lain seperti rutin mengonsumsi junk food dan begadang atau lembur kerja hingga larut malam juga perlu ditinggalkan untuk memaksimalkan gaya hidup sehat. 

7. Perhatikan kehidupan sosial

Secara tidak langsung, kehidupan sosial dan interaksi kamu dengan orang-orang disekitarmu dapat berdampak terhadap kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, memastikan kehidupan sosial disekitarmu tetap positif merupakan salah satu langkah menuju gaya hidup sehat. Jika kamu merasa lingkungan kamu saat ini membawa aura negatif bagi kamu, jangan ragu untuk meninggalkannya.

8. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan salah satu gaya hidup sehat. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, kamu akan merasa nyaman dan memiliki suasana hati yang baik. Selain itu, dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan akan membuat kamu terhindar dari risiko penyakit yang timbul dari lingkungan yang kotor. 

9. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan

Rutin memeriksakan kondisi kesehatan bisa membantu kamu untuk menemukan masalah kesehatan yang ada pada diri kamu. Dengan mengetahui masalah kesehatan yang ada, kamu jadi bisa mendapatkan perawatan yang sesuai. Selain itu, hal itu juga akan menjadikan kamu lebih semangat untuk membentuk gaya hidup sehat agar masalah kesehatan yang kamu miliki segera membaik dan kamu kembali fit.

10. Kelola stres dengan baik

Pikiran yang stres lama-kelamaan bisa memengaruhi kondisi fisik kamu dan membuat daya tahan tubuh kamu menurun. Meskipun stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari, kamu tetap bisa mengelolanya dengan baik. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres diantaranya adalah meditasi, berpikiran positif, meluangkan waktu untuk me time dengan dirimu sendiri, dan yang terpenting adalah menjauhi hal-hal negatif. 

 

Menerapkan gaya hidup sehat tentu tidak mudah dan butuh konsistensi. Selain membutuhkan niat yang cukup kuat, untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga kamu perlu berkomitmen kepada diri sendiri dan disiplin saat menjalaninya. 

Menerapkan gaya hidup sehat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kamu. Akan tetapi, hal itu bukan berarti kamu terhindar dari semua risiko masalah kesehatan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan perlindungan dari risiko masalah kesehatan dengan proteksi asuransi terbaik.

Dengan produk asuransi Mega International Health Care kamu bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh terhadap kesehatan kamu dengan cakupan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Saatnya dapatkan perlindungan menyeluruh dengan proteksi asuransi Mega International Health Care.

 




Other Articles

Mega Insurance

10 Langkah Mudah untuk Jalani Gaya Hidup Sehat