Ingin Memulai Berasuransi? Cek 5 Tips Berikut Ini

Asuransi masih menjadi hal yang belum familiar bagi beberapa orang, khususnya di Indonesia. Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa asuransi justru menambah pengeluaran dan belum menjadi prioritas.
Kurangnya kesadaran bahwa asuransi merupakan elemen penting dalam finansial agar tetap terlindungi saat pengeluaran mendesak seperti kecelakaan, bencana yang menimpa hunian, sampai dirawat di rumah sakit, menjadi faktor lain mengapa asuransi ini belum banyak diminati.
Nah, untuk kamu yang belum familiar tapi ingin memulai berasuransi, berikut tips yang bisa diterapkan:
 

1. Pilih Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan
Langkah pertama adalah kamu harus mengetahui produk asuransi yang kamu butuhkan. Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi memiliki berbagai jenis produk seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan sebagainya.

2. Cari Perusahaan Asuransi Tepercaya
Dalam memilih perusahaan asuransi, penting untuk mencari tahu apakah sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Setelah memastikan izin perusahaan tersebut, jangan ragu untuk bertanya kepada agen asuransi untuk bisa memilih produk yang sesuai kebutuhanmu.

3. Pertimbangkan Harga Premi Sesuai Kemampuan
Dengan adanya premi yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Pastikan juga untuk memahami setiap persyaratan sebelum memutuskan membeli produk asuransi.

4. Mengetahui Manfaat Asuransi yang Dipilih

Langkah selanjutnya adalah mengerti manfaat apa saja yang akan diterima dari produk asuransi yang sudah dipilih supaya tidak merasa dirugikan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui apa saja layanan konsumen yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi seperti pengajuan klaim atau bantuan lainnya. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika suatu saat pertanggungan asuransi tersebut digunakan.

5. Jangan Menunggu Tua untuk Memiliki Asuransi
Istilah “the sooner, the better” sangat tepat untuk menggambarkan asuransi. Karena, harga premi cenderung akan lebih mahal jika sudah semakin tua, sehingga kamu sebaiknya punya asuransi sedini mungkin. 
Selain itu, adanya sejumlah uang yang harus dibayarkan pada periode waktu tertentu juga dapat melatih kedisiplinanmu dalam mengelola keuangan.

Yuk, lindungi finansialmu dengan berasuransi dari sekarang! 




Other Articles

Mega Insurance

Punya Mobil Harus Terlindungi! Ini Alasan Kenapa Asuransi Mobil Itu Penting

Mega Insurance

Ingin Memulai Berasuransi? Cek 5 Tips Berikut Ini