Beli Mobil Bekas di Awal Tahun 2024 Berikut Tipsnya

Hei MIFriends, tahun 2024 sudah tiba! Lagi terpikir buat beli mobil bekas? Nah, biar tidak salah pilih dan rugi di kemudian hari, simak tips-tips berikut ini:

1. Pahami Kebutuhan

Mobil bekas harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau untuk keluarga besar, SUV bisa jadi pilihan yang tepat. Bila ingin digunakan sehari-hari untuk ke kantor atau hang out, mungkin sedan atau city car lebih oke.

Fitur-fitur seperti efisiensi bahan bakar, kapasitas bagasi, dan teknologi terbaru juga penting untuk diperhatikan.

2. Tetapkan Anggaran

Jangan cuma lihat harga mobil bekasnya, tapi juga pikirkan biaya operasional ke depannya. Pastikan mobil bekas yang hendak kamu beli tidak merepotkan atau berisiko memakan biaya besar di kemudian hari.

Ada baiknya juga untuk siapkan dana cadangan untuk perbaikan tak terduga. Oh ya, jangan lupa miliki asuransi mobil biar lebih tenang saat harus mengeluarkan biaya darurat akibat kecelakaan atau kerusakan mobil.

3. Mengecek Riwayat Kendaraan

Pastikan mobil bekas dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Cek riwayat servisnya, tanya-tanya ke penjual, atau minta tolong mekanik handal untuk cek lebih detail. Jangan lupa cek kilometer mobil juga, ya.

4. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Periksa dari bagian luar hingga dalam. Pastikan ban dan fitur keselamatan seperti air bag dan rem berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga intip bagian bawah mobil untuk cek kebocoran atau karat.

5. Cek Komponen Mesin

“Jantung mobil” jangan luput kamu periksa. Pastikan mesin, transmisi, dan suspensi masih oke. Cek juga sistem kelistrikan dan starter.

6. Test Drive

Wajib hukumnya! Rasakan nyaman atau tidaknya mobil bekas tersebut saat kamu kendarai. Dengarkan suara mesin, periksa rem, dan transmisi, serta cek seluruh fitur di dalamnya termasuk AC dan sistem audio.

7. Bandingkan Harga

Sebaiknya jangan langsung membuat deal dengan penjual pertama. Bandingkan dulu harga-harga mobil bekas di beberapa tempat, termasuk di situs jual-beli mobil bekas. Ingat, harga harus sesuai dengan kondisi mobil dan tahun pembuatannya.

8. Periksa Kelengkapan Dokumen Mobil

BPKB, STNK, dan faktur pembelian harus lengkap dan asli. Cek juga masa berlaku STNK dan pastikan tidak ada masalah hukum yang mengikat mobil bekas tersebut.

9. Negosiasi Harga

Nah, mungkin di sini letak “seni” membeli mobil bekas. Pakai semua info dan fakta yang kamu punya untuk dijadikan “amunisi” supaya bisa mendapatkan harga terbaik. Meski begitu, tetap gunakan alasan dan bahasa yang santun saat bernego, ya.

10. Lakukan Transaksi dengan Aman

Pilih tempat yang aman untuk bertransaksi. Lalu, periksa setiap dokumen dengan teliti. Jangan buru-buru tanda tangan sebelum kamu yakin 100%.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu mendapatkan mobil bekas yang oke di tahun 2024! Mobil bekas sudah dapat, asuransinya jangan ketinggalan, dong. Motor Vehicle Insurance di M-Insurance bisa memberikan berbagai benefit.

Kamu bisa pilih Car Insurance dengan santunan TLO Rp25.000.000 dan penggantian biaya derek Rp500.000/6 bulan. Selain itu, tersedia juga asuransi Mega Kendaraan dengan perlindungan komprehensif dan Mobi Plus Syariah dengan proteksi lengkap untuk mobil kamu.  

Info lebih lanjut tentang asuransi mobil, hubungi call center Halo Mia di 1500 119, WhatsApp 08111-1500-119, atau email ke halomia@megainsurance.co.id.




Other Articles

Mega Insurance

Beli Mobil Bekas di Awal Tahun 2024 Berikut Tipsnya

Mega Insurance

Jenis-jenis Asuransi Kendaraan, Pilih yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda