Pertimbangkan hal ini, sebelum memilih asuransi kesehatan

Mendapatkan pelayanan kesehatan dengan kualitas terbaik merupakan keinginan semua orang. Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik disinyalir terjadi karena kenaikan biaya kesehatan di rumah sakit yang tinggi.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Watson Global Medical Trend Survey Report, biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 79 persen dari 2010 hingga 2014. Tentunya, peningkatan biaya tersebut akan terasa berat bagi anda yang tidak memiliki dana darurat ketika sakit.

Untuk menyiasati kenaikan biaya tersebut, ada baiknya anda memiliki asuransi kesehatan sebagai proteksi diri. Namun, jangan asal memilih asuransi kesehatan murah. Anda perlu mempertimbangkan produk asuransi yang dapat memberikan perlindungan sesuai kebutuhan anda. Nah kira-kira apa saja sih yang perlu diperhatikan?

Cashless atau Reimburse?

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi ialah prosedur pembiayannya. Biasanya, asuransi kesehatan murah memiliki model pembiayaan reimburse. Model pembiayaan reimburse lebih menyulitkan dibandingkan pembiayaan jenis cashless.

Dalam sistem pembiayaan reimburse, biasanya anda perlu membayar dahulu biaya rumah sakit yang dikeluarkan, baru kemudian melakukan pengajuan reimburse pada pihak asuransi. Sistem pembayaraan reimburse mengharuskan anda menunggu dalam waktu yang cukup lama karena prosesnya yang cukup berbelit-belit.

Oleh sebab itu anda perlu memperhatikan lebih jeli sistem pembiayaan asuransi murah yang akan dipilih, apakah cash atau reimburse. Untuk lebih detailnya, anda bisa melihat permbandingan Asuransi Kesehatan Cashless vs Asuransi Kesehatan Reimburse.

Murni Asuransi atau Ada Unit Link?

Dalam memilih asuransi kesehatan murah, anda perlu memperhatikan jenis asuransi apa yang ditawarkan, apakah murni asuransi umum biasa atau asuransi kesehatan unit link.

Asuransi kesehatan unit link biasanya memiliki fungsi sebagai instrument investasi. Perlindungan kesehatan yang diberikan berupa cash plan. Cash plan hanya akan mengganti biaya rawat inap harian.

Apabila anda dirawat selama 5 hari, maka nominal yang diberikan hanyalah berupa santunan selama 5 hari. Oleh sebab itu, penting untuk anda memperhatikan jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan sebelum membelinya.

Baca juga: Pengobatan Alternatif vs Tindakan Medis, Mana yang Terbaik?

Lihat Rekanan yang Dimiliki

Jangan asal memilih asuransi kesehatan murah, lihat juga rekanan yang dimiliki pihak asuransi. Biasanya, asuransi kehatan yang baik memiliki rekanan rumah sakit atau layanan kesehatan yang bagus. Selain itu, layanan kesehatan yang menjadi rekanan asuransi ada di banyak tempat.

Jika anda sedang memilih asuransi kesehatan, pastikan asuransi yang anda pilih memiliki rekanan yang dekat dengan domisili anda. Sehingga, jika anda sakit mendadak, anda tidak perlu membuang ongkos perjalanan yang jauh ke rumah sakit.

Baca juga: Mengatasi Gangguan Pencernaan dengan 5 Cara Ini

Perhatikan Perlindungan yang Diberikan

Faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan lain ialah perlindungan yang diberikan. Ada jenis asuransi yang memiliki premi murah, namun hanya menanggung rawat inap saja. terkadang bahkan penanggungan rawat inap yang diberikan juga tergantung pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika anda mendapatkan penawaran asuransi kesehatan murah dengan fasilitas penganggungan rawat inap dan rawat jalan, anda perlu memperhatikan pula syarat yang berlaku seperti limit yang diberikan dan juga jenis tindakan apa yang ditanggung.

Memperhatikan fasilitas dan ketentuan asuransi sangatlah penting agar anda mendapatkan perlindungan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jadi, jangan sampai terlewat yah!




Other Articles

Mega Insurance

Cara Menanggulangi Banjir 2020 Dengan Sederhana, Mulai Dari Rumah Sediri Yuk

Mega Insurance

Polusi Udara Memburuk, Lakukan Hal Ini untuk Jaga Kesehatan!