Polusi Udara Memburuk, Lakukan Hal Ini untuk Jaga Kesehatan!

Kepadatan kota cenderung semakin bertambah dengan jumlah penduduk yang kian meningkat, ditambah pula dengan volume kendaraan bermotor yang semakin memadati jalan. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor inilah yang menjadi salah satu penyebab polusi udara.

Tentu saja dengan adanya polusi udara ini, kesehatan kita menjadi terdampak terutama pada sistem pernapasan. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan saat harus tetap beraktivitas di tengah tingginya polusi udara?

Coba lakukan beberapa hal berikut agar kesehatan tetap terjaga di tengah polusi udara:
 

  1. Pakai Masker Saat Beraktivitas di Luar Ruangan
    Meskipun era pandemi sudah berlalu, masker tetap dibutuhkan di tengah tingginya polusi udara ibu kota. Masker ini sangat bermanfaat untuk membantu memfilter partikel polusi agar tidak terhirup.

    Menurut American Lung Association, masker N95 dan KN95 cenderung memiliki kemampuan filter yang lebih baik
     
  2. Kurangi Durasi di Luar Ruangan
    Jika memungkinkan, batasi aktivitas luar ruang untuk menghindari paparan polusi terlalu lama.
     
  3. Cukupi Kebutuhan Air Setiap Harinya
    Meskipun terdengar sepele, namun air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat seperti dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh serta mengurangi iritasi dan gejala gangguan pernapasan menjadi alasan mengapa kamu harus mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya.
     
  4. Konsumsi Buah dan Sayur yang Cukup
    Buah dan sayur yang mengandung antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari paparan racun dan juga membuang radikal bebas akibat polusi.
    Beberapa contoh buah antioksidan yang bisa kamu konsumsi adalah mangga, semangka, jambu biji, pepaya, stroberi, dan anggur. Sementara, sayur yang memiliki antioksidan yaitu bayam, brokoli, dan kubis.
     
  5. Jaga Kualitas Udara di Dalam Ruangan
    Di situasi seperti saat ini, langkah tepat adalah menutup rapat pintu dan jendela supaya kualitas udara di dalam ruangan tetap terjaga. Bila perlu, gunakan air purifier yang akan membantu penyaringan udara di dalam ruangan.

    Selain itu, menempatkan tanaman hias di dalam ruangan seperti aglaonema atau Chinese evergreen, palem bambu, lidah buaya, lidah mertua, dan peace lily juga dapat membantu penyaringan udara.


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan di tengah tingginya polusi udara saat ini agar badan selalu sehat dan dapat beraktivitas dengan nyaman.




Other Articles

Mega Insurance

Perhatikan hal-hal ini sebelum membeli mobil bekas

Mega Insurance

Ingin Memulai Berasuransi? Cek 5 Tips Berikut Ini