Punya Mobil Harus Terlindungi! Ini Alasan Kenapa Asuransi Mobil Itu Penting

Asuransi menjadi salah satu instrumen finansial yang penting untuk dimiliki, karena ini menjadi proteksi terhadap aset yang dimiliki contohnya mobil.

Asuransi mobil dapat melindungimu dari berbagai risiko seperti kerusakan, kerugian, hingga kehilangan mobil. Karena, risiko-risiko tersebut sudah ditanggung oleh produk asuransi mobil sesuai jenis dan ketentuan yang berlaku. Dengan adanya asuransi mobil, kondisi finansial tidak terganggu akibat biaya besar yang mungkin harus dikeluarkan jika kejadian buruk menimpa mobil kamu.

Berikut manfaat lain asuransi mobil yang perlu kamu ketahui:

1. Menjamin Risiko Kerusakan dan Pencurian

Umumnya, ada 2 jenis asuransi mobil yaitu komprehensif (all risks) dan total loss only (TLO). Kamu bisa memilih asuransi mobil konvensional atau asuransi mobil syariah.
Nah, asuransi mobil yang kamu pilih akan menjamin kerugian bila mengalami kejadian seperti tabrakan, terperosok, pencurian, hingga kebakaran

2. Lebih Tenang Saat Berkendara

Pasti rasa khawatir saat berkendara, misal karena takut menabrak atau ditabrak kendaraan lain, terkadang muncul. Meskipun kita sudah waspada dan berhati-hati, kejadian yang dikhawatirkan tersebut mungkin saja terjadi.
Nah, rasa khawatirmu itu bisa berkurang jika kamu memiliki asuransi mobil. Sesuai fungsinya, asuransi mobil akan melindungi kamu dan kendaraanmu dari risiko kerugian yang mungkin muncul.

3. Asuransi Mobil Memiliki Rekanan Bengkel Tepercaya

Jika terjadi hal tak terduga misalnya kecelakaan mobil, tak perlu khawatir karena perbaikan mobilmu bisa langsung ditangani oleh bengkel yang sudah menjadi rekanan asuransi mobil yang kamu punya. Tentunya bengkel tersebut sudah memenuhi kualifikasi dan berstandar aman.

4. Menjaga Nilai Jual Mobil

Memiliki asuransi mobil juga bisa menjaga kondisi mobilmu tetap prima. Ini sangat berguna ketika di kemudian hari kamu berniat untuk menjual mobil. Karena, kerusakan bagian-bagian mobil seperti body atau mesin tentunya akan berpengaruh pada nilai jual mobil kamu.

5.Perencanaan Keuangan Lebih Mudah

Kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau kehilangan mobil dapat menyebabkan kerugian dengan nominal tidak sedikit yang bisa memengaruhi kondisi keuanganmu. Apalagi jika kamu tidak punya dana darurat, pasti pos-pos keuangan yang sudah direncanakan akan terganggu, kan?

Tentunya kondisi seperti itu bisa diantisipasi jika kamu memiliki asuransi mobil. Jika terjadi hal genting terkait mobil kamu, asuransi mobil akan berperan penting untuk meng-cover kerugian finansial yang kamu alami. 

Itulah alasan kenapa asuransi mobil tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena, manfaat perlindungan dari asuransi mobil tidak hanya menanggung kerugian finansial tetapi juga keselamatan pengendara.

 




Other Articles

Mega Insurance

Beli Mobil Bekas di Awal Tahun 2024 Berikut Tipsnya

Mega Insurance

Perhatikan hal-hal ini sebelum membeli mobil bekas