6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadan

Untuk menjaga kesehatan selama bulan suci Ramadan, penting untuk memilih apa yang kita konsumsi saat berbuka. Pasalnya, salah memilih menu buka puasa dapat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti begah atau sembelit.

Oleh karena itu, ketahui dalam daftar ini apa saja menu buka puasa sehat yang bisa kamu pilih:

1. Jus Alpukat
Jus alpukat cocok untuk dijadikan minuman berbuka puasa yang enak dan sehat. Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin E, dan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Minum jus alpukat saat berbuka bisa memberikan energi dan membantu tubuh tetap terhidrasi.

2. Salad Buah
Salad buah segar bisa menjadi menu yang pas untuk berbuka puasa. Kombinasi berbagai jenis buah dapat memberikan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Salad buah juga membantu rehidrasi dan memudahkan pencernaan setelah berpuasa.

3. Capcay Kuah
Capcay kuah terdiri dari berbagai jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Sayuran di dalam capcay, seperti brokoli, sawi putih, dan kembang kol, mengandung serat, vitamin, dan mineral. Menu ini baik untuk sistem pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Ikan Panggang
Ikan panggang juga merupakan menu berbuka puasa yang sehat. Jenis ikan yang bisa kamu pilih misalnya salmon dan tuna yang mengandung protein dan lemak baik.

5. Kolak Pisang
Siapa yang tidak suka kolak pisang? Menu pencuci mulut yang lezat ini memang cocok untuk berbuka puasa sehat.

Kolak pisang terbuat dari pisang, ubi, santan, dan gula merah yang dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Pisang dan ubi juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

6. Green Smoothie
Selain jus buah, green smoothie yang terbuat dari bermacam-macam sayuran hijau juga baik untuk menu berbuka puasa yang bergizi. Contoh sayuran yang bisa diblender adalah bayam, kale, sawi hijau, dan timun. Agar lebih nikmat, jus sayuran bisa dicampur dengan apel dan wortel.

Nah, mudah bukan untuk menyiapkan menu berbuka puasa yang sehat? Beberapa rekomendasi di atas bisa jadi pilihan yang tepat selama bulan Ramadan.

Selain menjaga asupan nutrisi dari makanan, alangkah baiknya kamu juga punya asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan penting untuk proteksi finansial kamu dari beban pengobatan yang muncul tiba-tiba.

 

Dapatkan beragam produk asuransi kesehatan di M-Insurance, mulai dari Asuransi Kecelakaan Diri hingga Asuransi Mikro Demam Berdarah.




Other Articles

Mega Insurance

7 Cara Cegah Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung Saat Puasa

Mega Insurance

6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadan