7 Cara Cegah Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung Saat Puasa

Bagi kamu yang sering mengalami asam lambung naik atau gangguan pencernaan lainnya, ada tips dan trik tersendiri yang mudah dilakukan untuk mencegah keluhan tersebut muncul.
Pasti kamu tidak mau, kan, puasa terganggu karena asam lambung naik, sembelit, begah, dan semacamnya? Nah, untuk itu, yuk coba ikuti sejumlah cara mencegah asam lambung naik dan keluhan pencernaan berikut ini:
1. Tidak Makan Berlebihan
Makan dalam porsi yang wajar dan hindari kekenyangan saat sahur dan berbuka. Karena, makan berlebihan dapat berisiko menyebabkan perut begah dan tidak nyaman. Keluhan ini akan sangat mengganggu puasa dan aktivitas sehari-hari.
2. Tidak Melewatkan Sahur
Bila kamu memang punya masalah pencernaan dan asam lambung, disarankan jangan skip sahur. Pola makan sehat dan teratur sangat penting untuk penderita asam lambung demi mencegah kekambuhan serta memberikan energi.
3. Makan Perlahan 
Jangan terburu-buru saat makan, kunyahlah pelan-pelan. Hal ini dapat meringankan kerja sistem pencernaan dalam mencerna makanan. 
Selain itu, makan dan mengunyah perlahan akan membuat otak mengirimkan sinyal bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup, sehingga dapat membantu mencegah makan berlebihan.  
4. Cukupi Kebutuhan Air Putih 
Minumlah air putih yang cukup selama waktu sahur dan berbuka. Kebiasaan ini penting untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu fungsi pencernaan tetap optimal.
5. Berbuka Puasa Tepat Waktu 
Berbuka puasa tepat waktu sangat penting untuk mencegah keluhan pada pencernaan. Awalilah dengan makanan ringan dan hangat, misal kolak pisang, kurma, atau oatmeal.
Hindari konsumsi makanan pedas atau asam yang bisa meningkatkan risiko asam lambung naik.
6. Pilih Makanan Berserat Tinggi 
Makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian dapat membantu proses pencernaan lebih lancar. Serat membantu menyerap air yang bisa mengurangi gejala asam lambung dan memperlancar buang air besar.
7. Hindari Minuman Mengandung Kafein dan Soda 
Minuman berkafein dan soda dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memicu rasa tidak nyaman pada lambung. Memilih minuman yang lebih ramah untuk lambung, seperti air putih, susu rendah lemak, atau teh herbal, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa.
Mau puasa lancar tanpa gangguan asam lambung dan pencernaan? Coba terapkan tips-tips di atas, ya! Usahakan untuk teratur dalam pola makan dan pemilihan makanan. 
Proteksi kesehatan juga penting untuk dimiliki selama puasa. Mega Insurance memiliki beragam produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, antara lain asuransi Personal Accident, Asuransi Mikro Demam Berdarah, dan Asuransi Mikro Tifus Syariah.
 




Other Articles

Mega Insurance

6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadan

Mega Insurance

7 Cara Cegah Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung Saat Puasa