7 Tips Praktis Merawat Mobil Supaya Tetap Enjoy Berkendara

Beberapa orang memilih mobil sebagai moda transportasi karena alasan kenyamanan dan keleluasaan tanpa bergantung pada jadwal angkutan umum. Maka dari itu, mobil harus dirawat dengan baik secara rutin agar tetap dalam kondisi yang baik untuk memastikan perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Berikut adalah tips yang perlu kamu catat tentang merawat mobil:

1.     Cuci Mobil Kamu
Mencuci mobil dari kotoran dan debu yang menempel pada body mobil penting tidak hanya untuk penampilan fisik mobil kamu, tetapi juga untuk mencegah korosi pada bodi mobil.

2.     Membersihkan Interior Mobil
Jangan lupa membersihkan interior mobil sebagai bagian dari perawatan. Interior mobil yang bersih dari kotoran dan debu akan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik serta melindungi interior mobil dari kerusakan.

3.     Ganti Oli
Perhatikan dan ganti oli mesin mobil secara teratur terutama jika mobil kamu sudah menempuh jarak antara 5.000-10.000 kilometer, atau minimal setiap 6 bulan.

4.     Periksa Tekanan Angin Ban Mobil
Pastikan tekanan angin ban mobil kamu sesuai dengan rekomendasi dari pabrik. Ban dengan tekanan tidak sesuai dapat menyebabkan kecelakaan dan juga merusak kenyamanan serta kinerja mobil.

5.     Periksa Shockbreaker
Shockbreaker adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meredam guncangan atau getaran saat mobil melewati jalan yang tidak rata. Jika shockbreaker ini rusak, maka mobil beresiko mengalami kecelakaan. Oleh karenanya, kamu perlu rutin memeriksa kondisinya.

6.     Periksa Filter Udara
Filter udara yang efisien sangat penting untuk menjaga debu dan kotoran tetap jauh dari mesin serta menjaga kinerja mesin dengan baik. Umumnya, filter udara harus diganti setiap 12.000 hingga 15.000 kilometer, tetapi penggantian dapat dilakukan lebih sering jika mobil kamu lebih sering digunakan di lingkungan yang berdebu atau berpolusi.

7.     Periksa Rem

Pastikan rem kamu dalam kondisi baik karena rem tidak hanya digunakan untuk memperlambat atau menghentikan mobil. Karena itulah kita bisa menganggap rem ini sebagai ‘nyawa’ dari mobil yang kita kendarai. Kamu dapat dengan mudah memeriksanya sendiri dengan melihat ketebalan kampas rem, merasakan bagaimana pedal rem saat ditekan, dan memeriksa cairan rem untuk memastikan tidak ada kebocoran.
 

Dengan mengikuti tips perawatan mobil ini, kamu tidak hanya memastikan mobil berfungsi dalam kondisi prima, tetapi juga berkontribusi pada keselamatan pengemudi dan keamanan penumpang. Safe drive semuanya!
 




Other Articles

Mega Insurance

7 Cara Cegah Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung Saat Puasa

Mega Insurance

Motor Matic Tetap ‘Garang’ Simak Cara Ini