Lebih baik makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Banyak perdebatan tentang mana yang lebih baik makan sebelum atau setelah berolahraga, tapi keduanya memiliki keuntungan yang mungkin mempengaruhi kinerja dan pemulihan tubuh kamu.

Waktu kapan kamu makan juga merupakan salah satu faktor kunci dalam meraih hasil optimal dari olahraga yang kamu lakukan. Tidak hanya itu, kualitas dan jenis makanan yang dikonsumsi juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

Apa manfaat makan sebelum atau setelah berolahraga? Dan jenis makanan apa saja yang sebaiknya harus kita konsumsi?

Manfaat Makan Sebelum Berolahraga

Makan sebelum olahraga bisa memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk membantu performa selama aktivitas. Menurut penelitian, mengonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan dan bahkan dapat memperpanjang durasi latihan.

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Sebelum berolahraga, makanan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain:

  • Pisang atau apel

  • Roti gandum dengan selai kacang

  • Yogurt dengan buah

Keuntungan Makan Setelah Berolahraga

Makan setelah berolahraga penting untuk pemulihan. Menurut sebuah studi, asupan rendah karbohidrat dan protein setelah latihan dapat membantu mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot, dan membantu tubuh membangun massa otot.

Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Makanan terbaik yang dikonsumsi setelah berolahraga antara lain:

  • Smoothie protein dengan buah-buahan

  • Ayam atau ikan dengan nasi dan sayuran

  • Telur dengan roti gandum

Jika ada keraguan apakah seharusnya makan sebelum atau setelah berolahraga, jawabannya sebenarnya tergantung pada jenis olahraga yang kamu lakukan dan kondisi tubuh kamu. Oleh karena itu, menu makanan dan waktu makan yang ideal merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan agar aktivitas olahraga yang dilakukan dapat lebih maksimal.

Supaya hari-harimu tetap berjalan dengan baik kamu tidak hanya perlu memperhatikan soal waktu dan pola makan yang baik serta rutin berolahraga, tetapi juga dengan memiliki safety net berupa Asuransi Kesehatan. Asuransi kesehatan bisa melindungi kamu dari beban finansial yang tidak terduga jika terdapat kondisi tak terduga misalnya sakit. 

 




Other Articles

Mega Insurance

7 Cara Cegah Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung Saat Puasa

Mega Insurance

7 Tips Praktis Merawat Mobil Supaya Tetap Enjoy Berkendara